supardi

   RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN KELAS 5


PEMBELAJARAN DARING


RPP merupakan kebutuhan pokok seorang guru untuk menjalankan tugasnya sebagai pendidik,RRp juga sebagai acuan dan tindak lanjut dalam pembelajaran , pada musim pandemic guru di tuntut untuk melaksanakan pembalajran secara daring( dalam jaringan), kami menyediakan beberapa contoh RPP pembelajaran daring yang mungkin sebagai bahan referensi Bapak Ibu guru .


contoh :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING

Satuan Pendidikan              : SD Negeri 1 Sumber Harum
Kelas / Semester                  :  5A / 1 (Satu)
Tema / Sub Tema               :  1 ( Organ Gerak Hewan dan Manusia) / 1 ( Organ Gerak Hewan )
Pembelajaran ke                 :  1
Alokasi waktu                      :  1 Hari
Muatan terpadu                  :  Bahasa Indonesia,IPA

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan membaca teks tentang organ gerak hewan dan manusia, siswa dapat menyebutkan alat gerak hewan dan manusia secara benar.
2. Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara tepat.
3. Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara runtut.
4. Dengan berdiskusi, siswa dapat menebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.
A.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan

1.       Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa Dipandui Melalui Telegram Grup.
2.       Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.       Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

5  menit
(Sintak Model Discovery Learning)
Inti

1.       Sebelum memulai pembelajaran, guru membagikan materi . (Melalui WA Grup) http://supardihandayani.blogspot.com     youtube  supardi handayani
2.       Siswa tanya jawab dengan guru melalui WA seputar materi yang di jerlas di dalam blogspot dan youtube..( WA Grup)
3.       Siswa mengamati organ gerak pasif dan aktif (HOTS)
4.       Siswa menentukan ide pokok dan gagasan pengembang. (HOTS)
5.       Siswa kemudian menjawab tugas yang ada pada buku tematik tentang menentukan ide pokok dan gagasan pengambang. (HOTS)
6.       Siswa menyimpulkan kegiatan belajar.(Creativity and Innovation)
7.       Penugasan (Mengerjakan soal daring)
110 menit
Kegiatan
Penutup
Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
5 menit
Refleksi dan Konfirmasi
Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.
ASSESMENT (Penilaian)
Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan  secara daring.

Mengetahui
Kepala Sekolah,




Susri Umani, S.Pd.
NIP. 19650629 199211 2 001
Sumber Harum, 20 Juli 2020
Guru Kelas 5A




SUPARDI HANDAYANI





jika Bapak ibu ingin memodifikasi RPP kami menyediakan contoh RPP daring  kelas 5  dalam bentuk word

silahkan Download

semoga bermanfaat bagi dunia pendidikan Indonesia


Post a Comment

Previous Post Next Post

supardi 2