supardi

 muatan pelajaran Bahasa indonesia

IKLAN

Pengertian Iklan adalah berita atau pesan untuk membujuk dan mendorong orang agar tertarik pada barang ataupun jasa yang ditawarkan, iklan biasa dipromosikan melalui media periklanan seperti, televisi, radio, koran, majalah, internet dll.

Fungsi Iklan

  1. Memberikan Informasi (Informing)
  2. Membujuk (Persuading)
  3. Mengingatkan (Reminding)
  4. Memberikan nilai tambah (Adding Value)

Tujuan Iklan

  • Memberikan informasi terhadap suatu produk (jasa, barang, ide dan lain-lain)
  • Upaya untuk menimbulkan citra yang baik atau rasa suka komunikan (penerima pesan iklan) terhadap produk yang diiklankan.
  • Meyakinkan masyarakat (penerima iklan) tentang kebenaran suatu produk.
  • Membuat atau mempermudah konsumen mengetahui spesifikasi suatu produk, baik itu harga, fungsi, manfaat dll.

Unsur Unsur Iklan

Iklan setidaknya mempunyai 2 unsur, diantarnya:

  • Kalimat Deskriptif
    Deskripsi iklan berguna untuk menguraikan atau menjelaskan produk atau layanan yang diiklankan
  • Kalimat Persuasif
    Persuasi dalam sebuah iklan bertujuan untuk membujuk atau mempengaruhi orang agar menggunakan produk ataupun layanan yang diiklankan.

Ciri Ciri Iklan

Agar mendapat perhatian dari khalayak ramai. Pada umumnya, iklan mempunyai ciri- ciri sebagai berikut :

  • Menggunakan pilihan kata yang menarik, logis, tepat dan sopan
  • Menggunakan pilihan kata yang mempunyai sugesti bagi khalayak.
  • Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi utama yang dipentingkan
  • Menggunakan pilihan kata yang digunakan menunjukan sasaran.

syarat-syarat iklan
  1. Iklan harus bersifat Objektif dan jujur
  2. Jelas dan Mudah dipahami
  3. Menarik perhatian banyak orang
  4. Tidak mengandung sara dan menyinggung pihak lain.

jenis Iklan berdasarkan sifatnya

  •  Iklan Niaga
    Iklan niaga adalah iklan yang dibuat dengan tujuan agar orang tertarik untuk menggunakan atau membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan. contohnya iklan indomie, sprite, sajiku, iklan kendaraan dll.
  • Iklan Layanan Masyarakat
    Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang tujuannya untuk mempengaruhi orang agar memberikan dukungan atau mengikuti kampanye yang dilakukan pembuat iklan. contohnya iklan anti narkoba, iklan lingkungan hidup dll. 

jenis iklan berdasarkan isisnya


  • Iklan Pengumuman
    Iklan yang isinya menyampaikan pengumuman mengenai suatu peristiwa kegiatan ataupun lainnya.
  • Iklan Penerangan
    Memberi penerangan tentang suatu hal, dalam istilah lain iklan jenis ini bisa juga disebut iklan layanan masyarakat.
  • Iklan Reklame
    Iklan yang isinya mempromosikan barang atau jasa yang hendak dijual untuk mencari keuntungan dan disampaikan berulang- lang melalui media massa. Iklan reklame biasanya memuji atau menyanjung suatu yang diawarkan, seperti, tiada banding, kualitas no 1 dll.
didalam iklan terdapat kat kunci 

Kata kunci adalah  merupakan sebuah kata atau konsep dengan keistimewaan, yang berarti kata apapun yang digunakan sebagai kunci dan kode atau digunakan untuk menghubungkan ke kata lain atau informasi lain.

Ciri-ciri sebuah kata kunci adalah 

(1) Terdiri dari satu kata atau dua kata yang membentuk frase kata, 

(2) Mengandung kata yang unik yang terdapat dalam sebuah bacaan, 

(3) Mewakili sebagian besar/ keseluruhan topik/ konsep/ informasi dari sebuah bacaan.


contoh iklan




iklan tersebut memeliki kata kunci yaitu makanan sehat dan bergizi

mengapa kata kunci nya makanan sehan dan bergizi karena kalimat tersebut mewakili semua yang di bahas dalam iklan tersebuit.

Post a Comment

Previous Post Next Post

supardi 2